Selasa, 25 Desember 2012

Gak Kreatif Gak Rame

sumber : cookle.at


Jadi inget waktu itu, haha. Doku abis dan laper. Pengen beli makanan di luar kagak ada fulus. Sementara itu, di rumah cuman masak nasi doang. Perut udah keroncongan 2 jam kagak dibayar pula :p Buka kulkas, cuman ada teri medan. Ya sudah, ane masak nasi goreng teri buat ganjel perut hari itu. Lumayan lah daripada kagak ada makanan sama sekali.

Bicara soal ide, bisa datang dari mana saja. Bisa dari lihat orang lewat atau dari apel jatuh di atas kepala. Ide itulah yang mendatangkan hal-hal kreatif seperti nasi goreng teri itu. Meski kate test IQ ane "kreativitas rendah" tapi soal masakan bisa lebih aneh-aneh. Ide dan kreativitas bisa dari apa yang kita lihat misalnya dari membaca atau belajar dari hal-hal di sekitar kita. Semakin sering kita belajar maka ide-ide bisa mengalir terus. Intinya otak musti jalan terus buat asah kemampuan yang satu ini.

Pernah main The Sims? Ya, mungkin sebagian ada yang pernah main game simulasi rumah-rumahan ini (lho?). Ada beberapa pekerjaan di dalam game yang bisa dipilih, salah satunya Culinary path. Kalo di klik bagian pekerjaan di info chara, di sana terlihat keahlian yang dibutuhkan dalam pekerjaan itu. Salah satunya creativity. Yup, masak juga harus dibarengi dengan kreativitas. Keahlian masak yang mumpuni dipadukan dengan ide-ide kreatif si pembuatnya akan membuat masakan biasa menjadi istimewa (kok kayak iklan margarin ya?).

Ide ada yang mengalir begitu saja dan ada yang didapatkan dengan cara "kepepet" seperti kasus nasi goreng teri tadi. Tapi ide bagus dengan eksekusi yang buruk ya bisa kacau. Ide bagus harus dibarengi dengan keahlian memasak yang baik. Selain itu juga dibarengi dengan rasa ingin tahu yang tinggi juga kemauan belajar yang kuat. Ide juga melahirkan inovasi-inovasi baru yang unik.

Tuangkan idemu dalam masakan dan dengan sedikit kreativitas juga cinta bisa membuat masakan lebih nikmat :)

Tidak ada komentar: