Sabtu, 05 Juli 2014

Teknik Pemalas ala Ane

Idenya keinspirasi dari komik The Queen of Laziness Nobara. Bisa dibilang tokoh utamanya adalah orang paling pemalas sedunia. Semua hal dilakukan dengan cara-cara praktis dan gak terduga.

Bicara soal praktis, ini ada trik yang ane temukan baik dari berbagai sumber maupun hasil eksperimen ane sendiri dalam memasak. Cekidot!

Malas mengupas bawang putih

Idenya dari salah satu episode Urban Cook. Caranya, siapin dua buah mangkuk logam terus masukin bawang putih. Habis itu tutup dan tinggal kocok. Emang sih agak berisik tapi ... ta--da! Bawang putih yang sudah bersih siap digunakan untuk memasak. Info lebih lanjut mampir saja ke akun resminya atau cari video yang diunggah di YouTube.

Malas mengulek bawang putih

Makanan kesukaan ane adalah seblak dan semua orang di rumah tahu itu. Ane sering masak seblak sendiri di rumah. Karena ane malas mengulek sendiri bawang putih (soalnya ane sering bikin seblak porsi besar), ane parut aja bawang putihnya. Tinggal tumis, tambahkan cikur (kencur, bahasa Sunda) dan cabe, penyedap, kerupuk, dan beres.

Malas merendam kentang dengan air kapur sirih

Kalo kebiasaan orang tua ane itu merendam kentang dengan air kapur sirih agar kentang gorengnya lebih renyah dan bebas getah. Cara ane cukup berbeda. Setelah dikupas, potong kentang lalu rebus sebentar. Kira-kira 3-5 menit dalam air mendidih. Angkat dan tiriskan. Kentang setengah matang siap digoreng. Bisa buat digoreng untuk beberapa hari jika disimpan dalam kulkas.

Hasilnya, renyah juga kok.

Malas menunggu daging beku dari kulkas

Ada dua trik yang bisa digunakan untuk mengatasi daging beku.

Pertama, kembali ke pelajaran Fisika kelas 7. Masih ingat tentang materi kalor, tepatnya asas Black? Syukur kalo inget. Intinya, kalor yang dilepas sama besar dengan kalor yang diterima oleh suatu benda. Nah, asas Black itulah ane terapkan dalam memasak. Siram daging beku di bawah air mengalir. Penjelasan lebih rinci bisa tanyakan pada pakar Fisika, jangan tanya ane ntar sesat. Malah kalo dengan cara itu es pada daging meleleh jauh lebih cepat dibandingkan dengan membiarkan daging pada suhu ruangan.

Kedua, taruh aja di kulkas. Beku dong? Maksud ane bagian kulkas di bawah freezer. Suhu di bagian bawah freezer jauh lebih hangat sehingga bisa melelehkan es pada daging. Ane nemuin trik ini dari perkataan salah satu chef ternama di televisi.

Malas mengiris bawang gara-gara nangis

Ini adalah dilema pengiris bawang. Hiks. Ane perasaan pernah ngasih trik mengiris bawang deh. Lupa. Soalnya udah lama gak nulis di sini.

Pertama, jaga lilin. Emang pig apparition aja yang harus jaga lilin? Taruh lilin di samping ente saat mengiris bawang. Ide ini diambil dari salah satu episode 1001 Fakta.

Kedua, masukin bawang ke freezer sebelum diiris. Emang sih pake teknik ini masih nangis. Tapi gak separah tangisannya si buaya, pemain sinetron, ato selebai tokoh-tokoh anime.

Segini dulu triknya, ane mo eksperimen lagi.

Tidak ada komentar: