Selasa, 23 Agustus 2011

Ascending Sort

Ini masih tentang kopi robusta yang disruput oleh Sun (sekarang disruput ama Oracle). Sebenarnya script ini tugas dari guru ane, ya biar nyambung ama blog ane kaitin ama kopi robusta asli Jawa (yang jadi cikal bakal nama Java itu lho...). Script ini bercerita tentang bagaimana mengurutkan angka dari bilangan terkecil hingga bilangan terbesar (ascending). Sori kalo script-nya simpel, soalnya ane masih nubi ama belum berani ngoprek script yang aneh-aneh.


import java.util.*;

public class SortArray
{
public static void main ( String[] args )
{
int kotak[] = new int[10];
int j, k;
Scanner isi = new Scanner(System.in);

System.out.print("tulis angka antara 1 - 10: ");
j = isi.nextInt();

k = j - 1;

for(int i = 0; i < j; i++)
{
System.out.print("angka ke-" + ( i + 1 ) + " : ");
kotak[i] = isi.nextInt();
}

Arrays.sort(kotak, 0, j);
System.out.print("setelah diurutkan : ");

for(int i = 0; i < j; i++)
{
if(k > i)
{
System.out.print( kotak[i] + ", ");
}
else
{
System.out.print( kotak[i] );
}
}
}
}


NB :
  • Perhatikan pada awal script (bagian import), sebenarnya bisa ditulis dua kali menjadi import java.util.Scanner; dan import java.util.Arrays;
    tapi karena berada dalam satu lingkup yang sama jadi ane singkat import java.util.*;
  • Ane menggunakan fungsi sort() yang ada pada class Arrays yg berada dalam package java.util untuk menyortir semua bilangan yang diinputkan user. Cara penulisannya :
Arrays.sort(nama_array, indeks_pertama, indeks_terakhir);

hasilnya :

Demikian script ane yg simpel dan amburadul ini, kalo mau rinciannya ane lampirin di sini


Tidak ada komentar: